kembali ke daftar isi

Waktu:

Minimal 20 menit

Tujuan Latihan

■ Untuk membantu sebuah kelompok dalam menentukan apa yang dimaksud dengan tindakan non-kekerasan yang efektif. ■ Untuk memperlihatkan perbedaan persepsi tentang non-kekerasan. ■ Untuk menguji dan mengembangkan usulan khusus tentang tindakan non-kekerasan yang efektif dan disepakati oleh kelompok.

Cara Mempraktekkannya/Catatan Fasilitator

Buatlah sebuah palang besar (+) di atas lantai dengan pita penutup, cukup panjang untuk membuat pemanggangan yang memungkinkan kelompok dapat berdiri di atasnya. Tulislah "non-kekerasan " dan "kekerasan" pada ujung garis yang satu dan tulis “efektif” dan “tidak efektif” pada ujung berlawanan dari garis yang lain. (sebagai ganti dari pita, Anda cukup meletakkan kata-kata di atas kertas pada ujung keempat sisi). Sajikan sebuah skenario aksi yang memungkinkan, sambil meminta orang-orang untuk berdiri di dalam sebuah tempat pada pemanggangan (grid) yang menggambarkan bagaimana mereka merasakan hal ini (misalnya, non-kekerasan tetapi tidak efektif). Mintalah beberapa orang untuk menjelaskan mengapa mereka sedang berdiri di tempat mereka ada sekarang ini. Biarkan orang mengetahui bahwa jika mereka tergerak oleh apa yang dikatakan, mereka dapat pindah posisi.

Jika tujuan dari latihan ini adalah untuk membuat sebuah aksi non-kekerasan yang efektif untuk keadaan tertentu, maka gunakan saran-saran skenario yang menggerakkan orang menuju sudut non-kekerasan dan sudut efektif. Begitu anda mendiskusikan, buatlah sebuah daftar apa yang orang-orang identifikasi sebagai sesuatu yang diperlukan untuk membuat aksi lebih efektif dan non-kekerasan (misalnya; pelatihan untuk semua peserta, kerja media dengan baik dan sebagainya). Jika tujuannya adalah untuk memper­lihat­kan persepsi-persepsi yang berbeda mengenai non-kekerasan, sarankan ragam variasi skenario yang banyak (bisa dari Anda maupun juga dari peserta sendiri).

Berilah pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pendapat kelompok secara lebih detail tentang efektivitas dan non-kekerasan. Tergantung pada tujuan, latihan ini dapat dilakukan sekitar 20 menit untuk memperlihatkan bagaimana orang-orang merasakan aksi-aksi tersebut, bisa juga diperluas sampai pada bagaimana skenario aksi non-kekerasan yang memuaskan bisa dikembangkan jika hal itu yang menjadi tujuan. Latihan itu akan menjadi lebih baik jika dibarengi dengan curah pendapat.

Related content