kembali ke daftar isi

Oleh karena buku ini adalah sebuah panduan internasional, kami menyadari bahwa banyak kelompok akan menerjemahkan bahan-bahan ini untuk menciptakan panduan bagi mereka sendiri. Jika Anda sedang berfikir untuk memproduk sebuah panduan, maka ada beberapa tips. Pertama, Anda butuh kejelasan mengenai tujuan-tujuan Anda dan sepe­rang­kat sumber daya yang diharapkan dapat mendukung sebuah panduan (lihat­lah pertanyaan-pertanyaan berikut tentang tujuan-tujuan dan isi). Aspek ter­penting lain adalah berfikir tentang apa yang akan membuat panduan Anda mempunyai nilai spesial. Berikut sejumlah daftar pertanyaan yang mungkin berguna sebelum memulai program pembuatan panduan Anda;

Tujuan

■ Apa alasan utama buku panduan tersebut? ■ Untuk siapa buku panduan tersebut ditujukan? ■ Bagaimanakah Anda menginginkan buku panduan atau pedoman tersebut dipergunakan? ■ Apa yang perlu Anda masukan dalam buku panduan? ■ Sudahkan Anda mengecek buku panduan yang sudah ada? Apakah Anda tidak menyukainya atau menemukan sesuatu yang tidak berguna?

Isi

■ Apa tema dan topik yang ingin Anda masukkan dalam buku panduan tersebut? ■ Bagaimanakah Anda ingin menyusun buku panduan tersebut? ■ Berapa lama buku panduan tersebut dapat diselesaikan? ■ Akankah Anda hanya menggunakan teks-teks baru atau yang sudah ada? ■ Siapa yang memilih teks-teks yang sudah ada dan menulis yang baru? ■ Sudahkah Anda menyusun jadwal untuk program penyusunan buku panduan tersebut? ■ Bagaimana seharusnya buku panduan tersebut digunakan? Dapatkah orang hanya membaca satu bagian yang relevan ataukah mereka perlu membaca buku panduan tersebut secara keseluruhan?

Pelaksanaan

■ Bagaimana Anda membiayai penyusunan buku panduan tersebut? ■ Apakah Anda akan menjual atau memberikannya secara cuma-cuma? ■ Sejauh mana wilayah distribusi buku panduan tersebut? ■ Jenis layout macam apa yang Anda inginkan (semisal, ukuran kertas, gaya grafis)? ■ Bagaimana Anda akan mengevaluasi buku panduan tersebut.

Related content