kembali ke daftar isi

Tujuan Pelatihan

■ Untuk mempelajari cara membantu melindungi diri dan orang lain serta meredam situasi genting dan memanas.

Cara Mempraktekkannya / Catatan Fasilitator

Pemusatan: Bila Anda berada di tengah kerumunan, tenanglah, jaga emosi dan keseimbangan fisik Anda. Ketenangan Anda akan mempengaruhi ke­tenangan massa di sekitar Anda.

Menunjuk penyerang: Anda dapat membuat satu serangan keras yang langsung dapat dilihat dengan menyuruh semua orang di sekitar untuk duduk sehingga penyerang tiba-tiba kelihatan oleh semua dan media.

Anak anjing menimbun: Untuk melindungi dan menghentikan seseorang yang sedang diserang, seseorang berlutut dan membentuk satu anjungan dengan badan mereka diatas korban; yang lain kemudian menimbun ke anjungan tersebut. Jangan menekan orang yang diserang.

Masuk diantara para pelaku penyerangan: Tetaplah buka telapak tangan­mu dan terlihat, usahakan untuk tidak menyentuh penyerang, atau paling tidak, jangan memegangnya. Hanya memposisikan diri Anda cukup untuk menghentikan penyerangan. Bicaralah yang menenteramkan hati pada penyerang.

Mengepung ("U') dan mendorong pelaku untuk pergi: Dengan beberapa orang, melangkah diantara penyerang dan pelaku, membentuk U mengelilingi pelaku, dan mengarahkan agar dia pergi. Jangan sepenuhnya mengepung penyerang; yakinkan ia telah pergi' ke luar'. Bicaralah dengan penyerang yang menenteramkan hati saat Anda melakukan ini.

Mengepung ("O') dan menyerap demonstran: Secara total mengepung demonstran yang sedang diserang dan menyerapnya kembali ke kerumunan.

Membentuk satu baris diantara pendemo: dengan lutut tetap santai tapi waspada, berdirilah dengan tegak. Sadarilah betapa kuatnya barisan yang Anda buat dan kekuatan yang berbeda dari tempat berdiri, misalnya: duduk secara terpisah, tangan-tangan berpegangan, siku-siku berhubungan, perge­langan tangan saling terkait.

Tetap bertahan: metode ini dapat digunakan dalam sistem blokade. Pusatkan diri sendiri, gunakan seluruh kekuatan fisik untuk bertahan, santai tapi tetap waspada.

Variasi-variasi lain

Duduk dalam lajur: Tempatkan orang-orang berderet-deret semakin kebelakang semakin banyak.

Duduk dalam lingkaran: Silangkan tanganmu, di antara kaki dan peganglah pergelangan tangan satu sama lain dengan kuat. Dalam formasi ini, Anda dapat melihat satu sama lain dan saling menyemangati. Pastikan untuk saling mengingatkan satu sama lain tentang apa yang sedang terjadi di belakang, di mana bagian yang lain dari lingkaran tidak bisa melihat.

Duduk dalam kolom: Rapatkan kakimu mengelilingi orang yang ada di depan, bersandarlah ke depan, taruhlah tanganmu pada dada orang di depan Anda dengan kepala tetap ke bawah.

Pertahanan diri sendiri dengan postur tubuh: Kaitkan tangan di kepala dengan siku-siku melindungi pelipis. Melikunglah seperti kedudukan janin, berbaring miring ke kanan untuk melindungi hati. Sebagian besar organ tubuh utama dan kepala terlindungi, walaupun ginjal masih mudah diserang.

Related content