kembali ke daftar isi

Sistem hukum itu berbeda-beda di setiap negara. Meskipun begitu, untuk aksi yang pesertanya sangat mungkin akan ditahan, sangat penting untuk memiliki ‘tim pendukung hukum’ (legal support team). Saran mengenai pembentukan tim semacam ini di Inggris diadaptasi dari bagian pertama briefing panjang oleh Proyek Hukum Aktifist (Activist Legal Project) di http://www.activistlegalproject.org.uk

Dukungan hukum mungkin berada di balik panggung dari sebuah aksi, tetapi sangat vital. Anda mungkin saja orang yang paling akhir pulang setelah aksi, seringkali menghabiskan berjam-jam di sekitar kantor polisi menunggu para aktivis dibebaskan. Anda tidak akan kebagian ‘keglamoran’ aksi atau difoto, tetapi tanpa dukungan hukum beberapa aksi menjadi tidak mungkin. Boleh jadi, kalau saja Anda tidak di sana, separoh dari orang-orang yang ada di depan-belakang aksi tidak akan ikut ambil bagian.

Tujuan Dukungan Hukum

■ Memastikan setiap orang yang akan ikut aksi siap untuk ditangkap. ■ Mengkoordinasikan dengan polisi dan penasehat hukum untuk memastikan bahwa para aktivis yang ditangkap mendapatkan du­kung­an layak selama ditahan. ■ Memastikan bahwa, ketika dilepaskan, para aktivis mendapatkan dukungan emosional dan praktis yang mereka perlukan.

Peran Pendukung Hukum

Jumlah orang yang terlibat dalam kelompok pendukung hukum sangat ter­gantung pada berapa besar aksi dan jumlah penangkapan yang diharapkan. Sejumlah peran yang harus dipenuhi:

■ Mempersiapkan briefing hukum secara tertulis untuk aksi, termasuk informasi prosedur penangkapan, apa yang terjadi di kantor polisi, kemungkinan penyerangan, kemungkinan outcome-nya, jaminan utk pelepasan, dan hearing pengadilan pertama. ■ Mempersiapkan dan membagikan kartu nama kepada orang-orang yang mau melakukan aksi (kartu ini berisi nomor telepon bila takut ada penangkapan. ■ Penugasan staf untuk saluran telpon (nomor telpon dukungan hukum), menunggu telpon dari aktivis yang ditahan di kantor polisi ■ Koordinasi: mempersiapkan dan meng-update daftar definitif siapa yang ditangkap, termasuk detail kontaknya, dan apakah mereka telah dilepaskan. ■ Dukungan kantor polisi: memberikan dukungan di kantor polisi bagi para aktivis yang ditahan, berkoordinasi dengan penasehat hukum di kantor polisi, dan bertemu dengan para tahanan tentang pelepasan mereka dari penahanan. ■ Logistik: mengatur kendaraan, sopirnya, dan pengumpulan akomodasi yang memungkinkan dan rumah tinggal bagi orang yang dikeluarkan dari tahanan. Tidak seperti pengamat hukum, yang berisiko ditangkap karena ikut aktivis turun ke lapangan, kelompok pendukung hukum hendaknya tidak selangkah pun mempertaruhkan posisinya sehingga tersangkut penangkapan. Anda tidak memerlukan siapapun di dalam sel polisi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai mengatur dukungan hukum bagi aksi massa yang besar, lihat ‘Setting Up a Legal Team’ pada website yang berbasis di USA: http://www.midnightspecial.net Untuk informasi lebih lanjut informasi dan workshop hukum, kontak: Legal Activist Project: info@activistslegalproject.org.uk http://activistslegalproject. org.uk'

Related content